Headlines News :
Home » , » Tiga Calon Rektor Adu Argumen

Tiga Calon Rektor Adu Argumen

Written By Unknown on Jumat, 13 Desember 2013 | 09.06

 Padang Ekspres • Senin, 04/04/2011 10:59 WIB • (x) • 244 klik

Padang, Padek—Tiga calon rektor IAIN Imam Bonjol Padang, hari ini akan beradu argumen dalam diskusi publik di Gedung Serba Guna IAIN. Tiga hari setelah diskusi publik ini nantinya, Shofwan Karim (Guru Besar Fakultas Ushuluddin), Makmur Syarif (Direktur Pascasarjana IAIN) dan Alhendra (Pembantu Dekan I Fakultas Dakwah) akan menyampaikan visi dan misi di hadapan panitia, panelis dan anggota senat. Hasil pemilihan rektor nantinya akan diumumkan, 15 April mendatang.

Diskusi publik ini akan dihadiri seluruh civitas akademika. Wakil Ketua Ikatan Alumni (Iluni) IAIN Imam Bonjol, Muhammad Rahmad mengatakan rektor terpilih harus mampu mengangkat marwah IAIN agar sejajar dengan kampus Islam ternama lainnya. “Tidak harus memiliki konsep muluk-muluk. Tapi, cukup mengambil tiga pokok langkah dalam menyikapi permasalahan yang ril, nyata, konkret,
dan berada di hadapan mata sekarang ini, harus menjadi tindakan utama oleh rektor terpilih nantinya.

“Tidak perlu figur seperti apa, karena masalah ide, figur, konsep, visi-misi, atau apalah namanya itu, bisa menyusul belakangan, yang terpenting, ada banyak “PR” yang harus segera dilakukan rektor terpilih nantinya. Yang pertama, permasalahan internal kampus yang belakangan ini, menjadi permasalahan dan mencuat di berbagai media masa. Misalnya, masalah akreditasi, masalah ketua jurusan mogok, pembangunan kampus yang terbengkalai hendaknya menjadi “PR” utama bagi  rektor terpilih nantinya,” ungkapnya.

Selanjutnya, M Rahmad mengatakan, dengan tersebarnya Iluni IAIN Imam Bonjol di seluruh nusantara, rektor terpilih diharapkan membuka jaringan ke tingkat nasional dengan memanfaatkan para Iluni tersebut, sehingga, kemajuan kampus IAIN juga akan didukung oleh mantan mahasiswa di kampus tersebut.

“Peluang untuk berkembang itu sangat besar, tergantung pemimpinnya bisa memanfaatkan kesempatan itu atau tidak. Iluni kita kan banyak tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Kalau pemimpin itu hanya hanya “manjago kandang” sudah bisa dipastikan kampus akan jalan di tempat tanpa perkembangan apa-apa. Tapi kalau pandai membuka diri, dan membentuk jaringan tersebut, maka peluang untuk maju itu akan semakin terlihat,” paparnya.

Selain itu, M Rahmad mengatakan, rektor harus mampu menyusun dan menyesuaikan kurikulum pendidikan dengan kondisi lapangan kerja yang ada di luar, “Jadi, setelah tamat di IAIN, mahasiswa tidak perlu lagi belajar tambahan untuk memasuki lapangan kerja,” tambah Wakil Direktur Eksekutif Bidang SDM DPP Partai Demokrat ini.

Ketua Pusat Penelitian (puslit) IAIN Imam Bonjol Padang, Yulizal Yunus, memandang, calon rektor tidak harus memiliki kecerdasan, prinsip, jujur, atau berkelakuan baik saja. Tapi, banyak aspek yang harus dipenuhi seorang calon rektor yang akan membawa dan membuat citra IAIN semakin baik di mata umum.

“Saya tidak melihat figur sebagai kekuatan, tapi seberapa banyak figur itu didukung oleh masyarakat kampus. Artinya, seorang pemimpin yang akan membawa perubahan itu tidak bisa mengandalkan kecerdasannya saja. Tapi dapat dilihat seberapa besar support yang diberikan kepadanya, dan tentunya yang memberikan dukungan adalah orang-orang dan masyarakat kampus yang percaya bahwa dia bisa, sanggup, dan mampu mengemban amanah-amanah yang harus ia selesaikan,” paparnya.

Menurut Yulizal, dukungan adalah harga mati. Karena, sehebat apa pun calon itu, sejujur apa pun dia, dan disiplin pun orangnya, tanpa ada yang mendukung, sudah bisa dipastikan ia akan lumpuh. “Apa lagi kalau pimpinan itu ramai-ramai digerogoti, ia tidak akan cukup kuat untuk berdiri dan berjalan. Sudah banyak fakta yang membuktikan pentingnya dukungan ini. Lihat saja lengsernya Mubarak di Mesir, atau di negeri kita sendiri, akhir rezim Soeharto. Jadi, supporter memang sangat menentukan,” pungkasnya. (x)
[ Red/ ]
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yuyu Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger