Headlines News :
Home » , » Tidak Ada Sumpur Kudus tidak Ada Indonesia (2)

Tidak Ada Sumpur Kudus tidak Ada Indonesia (2)

Written By Unknown on Senin, 23 Desember 2013 | 23.04

Reportase Alizar Tanjung
Tidak Ada Sumpur Kudus tidak Ada Indonesia

Negara dibesarkan oleh sejarahnya. Sumpur Kudus aset sejarah. Sumpur Kudus ikut membesarkan negara. Di sanalah PDRI mengambil alih wewenang negara ketika Soekarno dan Mohammad Hatta jatuh dalam tawanan kolonial Belanda.
Pembentukan Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) sebagai langkah tepat untuk menjaga stabilitas nasional, setelah pemerintahan yang berpusat di Yogyakarta diserbu dan diambil alih oleh Belanda. Soekarno mengeluarkan surat mandat kepada Syafroedin Prawiranegara untuk membentuk pemerintahan sementara.
Syafroedin Prawiranegara kemudian menjalankan roda pemerintahan dari Sumpur Kudus. Wilayah Sumpur Kudus bukan hanya wilayah Nagari Sumpur Kudus yang sekarang. Wilayah cakupannya sangat luas. Dia sebuah kerajaan yang yang berada di bawah kekuasaan Raja Ibadat. Raja pertama yang memeluk Islam di Sumpur Kudus.
Alasan pemilihan Sumpur Kudus, di antaranya memang karena sulit akses ke sana. Selain melewati jalan yang terjal dan berliku, letaknya juga terisolir dari keramain.
“Musyawarah besar PDRI itu di rumah saya,” ujar Novesar Jamarun, putra Sumpur Kudus, yang ranjinya bersentuhan dengan sejarah PDRI. Dia memaparkan ketika itu rapat PDRI itu harus mobil. Pindah dari satu tempat ke tempat lainnya dengan alasan keselamatan.
Menurut Novesar Jamarun, “Sumpur Kuduslah yang mengangkat nama Syafroedin Prawiranegara.” Kalau Sumpur Kudus tidak mengangkat nama Syafroedin, dia belum tentu akan menjadi tokoh penting. Demikian analisa Novesar Jamarun.
Novesar Jamarun memandang bahwa perlu penggalian mendalam terhadap sejarah Sumpur Kudus. “Kita gali benar sejarah Sumpur Kudus itum,” ujarnya. Dia menginginkan Kalau memang dilakukan penggalian sejarah Sumpur Kudus, baiknya juga dibukukan. Sehingga sejarah Sumpur Kudus juga memperkaya tradisi tulis. Sehingga Sumpur Kudus menjadi referensi sejarah. (Bersambung...)
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yuyu Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger