Headlines News :
Home » , » Tidak Ada Sumpur Kudus tidak Ada Indonesia (1)

Tidak Ada Sumpur Kudus tidak Ada Indonesia (1)

Written By Unknown on Senin, 23 Desember 2013 | 23.02

Reportase Alizar Tanjung
Raja Minang Berbeda dengan Raja Jawa

“Raja Minang dan raja jawa itu berbeda. Raja-raja di Minang mereka di mata rakyat, seperti orang biasa. Bahkan rumahnya juga biasa-biasa saja,” ujar Gusti Anan, pakar sejarah dan guru besar Unand, saat pertemuan pakar dalam pembahasan Sejarah Islam di Sumpur Kudus dan hubungan nasionalisme dengan PDRI.
Pertemuan tokoh-tokoh Sumbar itu tepat dimulai pukul 16 lewat 49 menit di Jam Graha Pena di Lubuk Buaya. Acara dimoderatori Muhapril Musri, tokoh dari IAIN Imam Bonjol Padang. “Fokus pembahasan kita pada pertemuan ini ada dua hal. Pertama, pembahasan sejarah Islam di Sumpur Kudus. Kedua, hubungan nasionalisme dengan PDRI.”
Hadir sebagai narasumber Novesar Jamarun, putra Sumpur Kudus yang bersentuhan ranjinya dengan PDRI. Narasumber kedua Yusirwan Rasyid. Kemudian Gusti Anan, Yulizal Yunus. Turut hadir Sutan Zaili Asril sebagai pelaku media Sumbar dan Azwir Maaruf Datuk Sirajo ketua Yayasan Rajo Ibadat. Rajo Ibadat, tokoh pertama Islam di Sumpur Kudus.
Berbeda raja Minang dengan raja Jawa ini juga ditekankan oleh Novesar Jamarun. “Saya setuju dengan pendapat Gusti Anan. Raja Minang memang sangat berbeda dengan raja Jawa. Karena kerendahan hatinya,” ujarnya kepada Saga. Raja jawa sangat-sangat diagung-agungkan. Sedangkan raja di Minang dilihat dengan kerendahan hatinya.
Perbedaan ini membuat eksistensi Raja bukan sebagai pimpinan yang gila hormat. “Bahkan rakyat saja terkadang tidak kenal dengan rajanya,” ujar Gusti. Minangkabau memang dikenal dengan adat istiadatnya kata yang empat, kata menurun, kata melereng, kata sama datar, kata mendaki. Ini menjadi pegangan bagi setiap orang minang. Mamak mempunyai kunci peran dalam strata sosial masyarakat.(Bersambung)
Share this post :

+ komentar + 1 komentar

22 Januari 2014 pukul 10.57

Maaf..Bukan Novesar Jamarun...tapi Prof. Dr. Novirman Jamarun, Msc (kakaknya pak Novesar)

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Yuyu Center - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger